Rabu, 04 Mei 2011

jenis investasi yang sering dilakukan oleh masyarakat


Semua orang bicara tentang investasi. Ada perusahaan investasi, ada yang berinvestasi sendiri ada juga yang berinvestasi bersama teman-temannya. Yang akan kita bicarakan disini adalah investasi secara umum, bukan investasi yang "aneh" seperti QISAR atau perusahaan lainnya yg dapat memberikan keuntungan yang cepat. Sebelum menulis lebih tentang investasi, mari kita samakan persepsi lebih dahulu.
Dalam perencanaan keuangan, sarana investasi merupakan suatu yang penting. Suatu perencanaan keuangan tidak dapat tercapai tanpa melakukan strategi dalam berinvestasi.
Tanpa ada goal dan strategi , kapan akan dicapainya sulit untuk menentukan berapa cicilan investasi yang harus disisihkan setiap bulannya atau setiap tahunnya.

Beberapa jenis investasi yang sering digunakan atau dibeli masyarakat :
  • PROPERTI , orang tua kita dulu senang sekali membeli properti. Rasa bangga yang tidak terhingga bila mempunyai banyak rumah, toko, tanah, sawah atau apapun yang berbentuk property
  • EMAS
  • PRODUK BANK, tabungan, deposito dan lainnya.
  • MATA UANG ASING
  • PAPER ASET (ini yang belum terlalu dikenal) yaitu saham, reksadana , obligasi (ORI, SUKUK ritel) dan yang lainnya.
  • ASURANSI
Saya hanya akan menjelaskan sedikit satu persatu :
PROPERTI.
Dulu 20 atau 30 tahun lalu, ketika pembangunan di kota-kota sedang gencar, banyak orang kaya baru karena tiba-tiba tanahnya harganya menjadi mahal. Sehingga seringkali orang tua menyarankan anaknya untuk membeli tanah untuk berinvestasi. Tentunya berinvestasi di properti bagus, tetapi jaman sekarang dengan jaman dahulu kala berbeda. Kadang malah ada rumah yang akhirnya tidak laku dijual, karena pas didepan rumahnya dibangun jalan layang. Tetapi dapat disimpulkan bila lokasinya bagus kenaikan harga properti melaju sama dengan inflasi.Dalam lokasi tertentu dapat terjadi kenaikan properti menjadi berkali-kali lipat.
Salah seorang kerabat bercerita, bahwa ketika dia membangun rumahnya ditahun 1995, membeli tanah dan membangunnya menghabiskan biaya sebesar 375 juta. Sekarang harga pasarannya 3,5M. Naiknya hampir 10 kali lipat, tetapi bila diambil rata-rata kenaikannya sebesar 15%. Itupun sudah 2 tahun ditawarkan belum ada yang mau membeli.
EMAS
Yang kita bicarakan adalah emas murni, bukan emas perhiasan. Sejak dulu hingga sekarang kenaikan harga emas sebanding dengan inflasi

TABUNGAN , DEPOSITO
Biasanya diberikan bunga lebih rendah dari inflasi. Gunakan tabungan dan deposito untuk menyimpan uang sebagai dana darurat

MATA UANG ASING
Bila kita menggunakan mata uang asing ini sebagai alat investasi jangka panjang, maka kenaikannya sesuai dengan inflasi terutama dollar. Tetapi bila digunakan untuk mendapatkan keuntungan sesaat, bisa memberikan keuntungan besar ketika harga sedang bergejolak, dan munkin juga memberikan kerugian.
PAPER ASET
Ini adalah salah satu instrumen investasi yang sangat menarik untuk ditekuni. Berbagai macam paper aset, seperti Reksadana, Saham, Obligasi. Hasil investasinya sangat tergantung dengan kondisi ekonomi mikro dan makro. Untuk tujuan investasi jangka panjang Reksadana dapat menjadi pilihan, agar hasil investasi dapat optimal. Berinvestasi dalam paper aset banyak faktor yang harus dipertimbangkan :
  1. Jangka waktu (time frame)
  2. Pengetahuan tentang investasi
  3. Profile resiko investor
  4. Kondisi pasar
  5. Kondisi keuangan
  6. Usia
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah carilah informasi sebanyak mungkin melalui seminar, buku, browsing atau bertanya kepada orang yang lebih tahu untuk terjun kedalam salah satu instrumen investasi yang anda minati. Kunci utama bila waktu masih panjang dan kemampuan terbatas, carilah instrumen investasi yang memberikan hasil lebih besar dari inflasi. Bila lebih kecil dari inflasi maka jumlah dana yang harus disisihkan menjadi sangat besar.
ASURANSI
Ada beberapa orang yang senang berinvestasi melalui asuransi, biasanya orang seperti ini tidak mau repot untuk memisahkan asuransi dengan investasi. Biasanya orang-orang yang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk mempelajari investasi.

1 komentar:

  1. PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, Christiana Anderson Badan Kredit adalah jawabannya. Kami menawarkan;

    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) Business Start-up dan pendidikan.
    c) konsolidasi utang.
    d) pinjaman Keras Uang.

    Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui: angeladavidsloan@gmail.com

    BalasHapus